Peran Guru sebagai Pelopor Budaya Positif di Kelas
Peran Guru sebagai Pelopor Budaya Positif di Kelas Oleh: Sari Puji Susanty, S.Pd.,Gr Budaya positif merupakan hal-hal positif yang dilakukan secara terus menerus melalui pembiasaan-pembiasaan sehingga membudaya. Budaya positif yang diterapkan baik di lingkungan keluarga maupun di sekolah akan menciptakan lingkungan belajar yang positif, nyaman, menyenangkan dan berpihak pada murid. Apa saja budaya positif yang harus diterapkan di lingkungan sekolah? Sudahkah kita sebagai guru menerapkannya di lingkungan terkecil, yaitu di kelas? Konsep budaya positif yang terdapat pada modul Pendidikan Guru Penggerak (PGP) meliputi: perubahan paradigm stimulus respons dan teori kontrol, tiga motivasi perilaku manusia, motivasi internal dan eksternal, keyakinan kelas, hukuman dan penghargaan, lima kebutuhan dasar manusia, lima posisi kontrol guru dan segitiga restitusi. Pengemasan konsep ini merupakan pemahaman baru dalam menciptakan murid dengan profil pelajar Pancasila sesuai dengan kurikulum me
Comments
Post a Comment